BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Thursday, May 13, 2010

TENTANG SEBUAH HATI MANUSIA

Ini adalah sedikit rangkuman pengajian di Masjid Darussalam hari Ahad, 9 Mei 2010...
Tentang topik yang menarik,, HATI



Di dalam tubuh manusia terdapat segumpal darah yang jika ia baik maka baiklah manusia itu,, dan jika ia buruk ma bhuruklah manusia itu...
Segumpal darah itu adalah HATI ...

Ada lima hal yang membuat hati menjadi keras bagaikan batu.
Lima hal tersebut adalah::
1.Tidak pernah berdzikir
2.Malas beribadah
3.Dosa dan maksiat
4.Cinta dunia
5.Penyakit-penyakit hati

Pertama, tidak pernah berdzikir. Tahukah Anda, bahwa ternyata dari setiap Subhanallah, Alhamdulillah, Laa Ilaaha Illallah, Allahu Akbar, Laa Haula Wa Laa Quwwata Illa Billah,,, itu memiliki makna yang sangat kuat. Tidak hanya arti secara harfiah, tetapi juga makna yang sangat jauh jika lafadz2 itu benar2 diresapi di dalam hati.
Satu contoh, Subhanallah, Mahasuci Allah.. Allah memang Mahasuci dan kesucian-Nya sudah ada sejak dahulu,, sebelum Qta dilahirkan, bahkan sebelum dunia dan segala isinya diciptakan. Kesucian Allah tidak akan bertambah jika Qta menyucikan-Nya dan tidak pula berkurang jika Qta tidak menyucikan-Nya. Itu karena Dia benar-benar kesucian yang sempurna.
Lantas, apa maksud Allah memerintahkan Qta untuk berdzikir dengan Subhanallah???
Ternyata, setelah ditelusuri, makna Subhanallah jika Qta resapi dengan sungguh-sungguh akan mendatangkan hikmah yang luar biasa, yakni:: menjadikan diri termotivasi untuk senantiasa menjaga kesucian baik kesucian lahir maupun kesucian batin..
Contoh lain adalah kata Alhamdulillah, mengucapkannya tidak hanya sekadar bersyukur kepada Allah, tetapi juga menyadarkan Qta bahawa hanya kepada Allah segala puji Qta haturkan. HanyaAllah yang pantas disanjung dan dipuji sedemikian rupa sehingga tidak pantas apabila manusia tumbuh menjadi sosok-sosok yang gila pujian..
Hati yang malas berdzikir, tidak akan pernah mendapatkan “pencerahan” dari Allah. Dzikir ibarat lampu penerang di antara kegelapan hati manusia.
Dzikir yang menerangi adalah dzikir yang diucapkan dengan lisan, dzikir dengan pikiran, dan dzikir dengan hati.. Ketiganya adalah suplemen ampuh untuk menjaga hati Qta.

Kedua, malas beribadah. Ibadah akan mendekatkan Qta kepada Allah. Dengan kata lain, hati yang malas beribadah akan semakin jauh dari cahaya Allah. Perbanyaklah beribadah, ibadah yang dilandasi dengan keikhlasan untuk Allah semata.

Ketiga, dosa dan maksiat. Hati itu ibarat cermin. Cermin datar yang jujur. Hati pun jujur, ia tidak pernah mau diajak berbohong atau melakukan maksiat.. Hati adalah cermin diri yang bersih. Sedangkan dosa dan maksiat ialah titik-titik atau noda-noda yang hitam yang kian lama kian menutupi hati. Jika pada akhirnya hati tertutupi oleh kotoran2 maksiat, maka ia tidak akan lagi mampu membedakan yang hak dan yang batil, yang baik dan yang dzalim. Noda-noda maksiat tidak boleh dibiarkan menempel di dalam hati Qta, agar kelak tidak dapat menutupi nuur dari Allah.

Keempat, cinta dunia dan melupakan akhirat. Ini merupakan perilaku tercela yang lebih mementingkan kehidupan dunia dan sama sekali mengbaikan kepentingan akhirat. Padahal Rasulullah Muhammad SAW telah menyatakan bahwa “Bekerja keraslah kamu di dunia seakan-akan kamu akan hidup selamanya; dan beribadahlah untuk akhirat seakan-akan kamu akan mati besok!”
Sebuah petunjuk yang riil untuk menjaga keseimbangan dunia dan akhirat. Hati yang cinta berlebihan terhadap dunia,, akan dibutakan oleh silaunya materialisme dan hedonisme, menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan dunia, maka hatinya telah benar-benar kotor dan terjerembab dalam kubangan dosa. Naudzubillah!!

Terakhir, penyakit-penyakit hati.. Ada banyak macam penyakit hati, antara lain:: sombong, angkuh, suka menyalahkan, dan yang paling berbahaya adalah penyakit iri dan dengki.. Hati yang sudah iri, hati yang sudah dengki, ia akan menghancurkan musuh-musuhnya dengan segala upaya. Hati yang iri itu ibarat api yang membakar habis kayu-kayu kebaikan yang telah diamalkan selam ini. Sia-sia saja hidupnya..

Melalui tulisan singkat ini, penulis ingin mengajak kepada Saudara-saudaraQ untuk menjaga hati, menjaga kesucian hati agar cahaya Allah dapat menghampiri Qta semua. Amin..

0 comments: